Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Membuat Rawon khas Jawa Timur, Bisa Manjain Lidah

Rawon khas Jawa Timur. Rawon Jawa Timur adalah makanan kuliner yang sekarang bisa di jumpai dimana-mana. Memasaknya sedikit ribet karena bumbu dan bahan pelengkapnya banyak. Bagi ibu-ibu yang gemar memasak bisa. #cookingwithlove Bismillah Halo semuanya.

Rawon khas Jawa Timur Ini salah satu menu kesukaan mas bojo. Rawon merupakan salah satu kuliner khas dari Jawa Timur yang banyak digemari. Rawon pada dasarnya termasuk sup daging, namun yang membedakan adalah kuahnya yang berwarna hitam gelap yang berasal dari kluwek.

Anda sedang mencari ide resep rawon khas jawa timur yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal rawon khas jawa timur yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rawon khas jawa timur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan rawon khas jawa timur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Rawon Jawa Timur adalah makanan kuliner yang sekarang bisa di jumpai dimana-mana. Memasaknya sedikit ribet karena bumbu dan bahan pelengkapnya banyak. Bagi ibu-ibu yang gemar memasak bisa. #cookingwithlove Bismillah Halo semuanya.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah rawon khas jawa timur yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Rawon khas Jawa Timur memakai 22 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Rawon khas Jawa Timur:

  1. Ambil 500 gr daging sapi sandung lamur, potong dadu.
  2. Siapkan 8 butir telur, rebus dan kupas.
  3. Siapkan 100 gr kacang merah (kalau ada lebih bagus kacang tolo).
  4. Sediakan 1 sdm air asam jawa.
  5. Ambil 3 liter air.
  6. Gunakan 5 sdm minyak goreng.
  7. Gunakan secukupnya Garam.
  8. Sediakan 3 bungkus kecambah untuk campuran.
  9. Siapkan Bumbu cemplung :.
  10. Sediakan 2 batang sereh, memarkan.
  11. Siapkan 2 lembar daun salam.
  12. Gunakan 3 lembar daun jeruk.
  13. Gunakan 1 ruas lengkuas.
  14. Sediakan Bumbu halus.
  15. Siapkan 5 butir Kluwek, kupas dan rendam dengan 100ml air panas.
  16. Gunakan 1 sdm ketumbar bubuk.
  17. Siapkan 1/2 sdm jinten.
  18. Siapkan 1 ruas jahe.
  19. Siapkan 1 ruas kunyit.
  20. Sediakan 8 siung bawang merah.
  21. Gunakan 6 siung bawang putih.
  22. Sediakan 4 butir kemiri.

Dagingnya yang lembut berasal dari daging sandung lamur sapi yang sedikit berlemak dan enak. Dipadu dengan tauge pendek, daun bawang dan bawang goreng, serta disajikan dengan nasi putih. Resep Rawon Daging Khas Jawa Timur. Untuk membuat rawon daging sapi, biasanya akan menggunakan bagian sandung lamur.

Langkah-langkah membuat Rawon khas Jawa Timur:

  1. Ini kluwek sebagai bahan utama pembuatan rawon. Pilih kluwek dan kocok2, bila koplok dan berat berarti kluwek itu bagus, selain itu bisa dilihat dari isinya, bentuknya bulat seperti batoknya dan tidak menempel pada kulit batok serta warnanya hitam pekat berarti selamat anda mendapatkan kluwek yang bagus 🥰🥰.
  2. Siapkan semua bahan.
  3. Menghaluskan bumbu lebih enak pakai ulekan, agar tidak terlalu banyak memakai minyak goreng. Menghaluskan bumbu dari bumbu dasarnya dan setelah halus baru kluwek ikut dimasukkan dan dihaluskan.
  4. Didihkan air, masukkan daging daging. Masak hingga empuk. Lalu masukkan kacang merah dan telur rebus.
  5. Tumis bumbu halus dan masukkan bumbu cemplung dan garam, tumis hingga harum. Lalu masukkan tumisan kedalam panci yang berisi daging. Masak hingga telur berwarna pekat, masukkan gula, dan kaldu bubuk, tes rasa..
  6. Siap dihidangkan dengan kecambah dan sepiring nasi..

Sementara untuk proses pengolahannya sebenarnya tergolong praktis dan mudah, sehingga bagi Kamu yang baru pertama kali mencoba tak perlu khawatir akan gagal. Masukkan bumbu halus, daun jeruk, dan serai, masak sampai aromanya keluar. Resep Rawon - Wikipedia Indonesia, rawon adalah masakan khas Jawa timur Indonesia berupa sup daging berkuah hitam yang dibuat dari campuran bumbu khas seperti kluwek. Meskipun dikenal sebagai hidangan khas Jawa timur, namun rawon disukai banyak masyarakat Jawa Tengah sebelah timur yakni daerah Surakarta. Daging yang digunakan untuk memasak rawon umumnya berupa daging sapi yang dipotong kecil.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Rawon khas Jawa Timur yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!