Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah untuk Membuat Resep Tekwan Simple Anti Gagal

Resep Tekwan Simple. Ya, tekwan merupakan salah satu kuliner khas Palembang yang wajib banget dicoba saat disana. Tekwan terbuat dari daging ikan dan tapioka yang dibentuk dengan bulatan kecil lalu disajikan dengan kuah udang yang khas. Selain itu, tekwan biasanya juga disajikan dengan tambahan sohun, irisan bengkoang, jamur serta tidak lupa dengan tambahan irisan daun bawang, dan seledri.

Resep Tekwan Simple Sebenarnya saya nggak tahu ini termasuk ekonomis menurut yang lain atau tidak. Tapi ini resep yang saya buat zaman masih kuliah dulu. Lagi kepengen bgt makan tekwan tapi cuma punya bahan seadanya.

Lagi mencari inspirasi resep resep tekwan simple yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal resep tekwan simple yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ya, tekwan merupakan salah satu kuliner khas Palembang yang wajib banget dicoba saat disana. Tekwan terbuat dari daging ikan dan tapioka yang dibentuk dengan bulatan kecil lalu disajikan dengan kuah udang yang khas. Selain itu, tekwan biasanya juga disajikan dengan tambahan sohun, irisan bengkoang, jamur serta tidak lupa dengan tambahan irisan daun bawang, dan seledri.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari resep tekwan simple, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan resep tekwan simple enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat resep tekwan simple sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Resep Tekwan Simple memakai 17 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Resep Tekwan Simple:

  1. Sediakan 500 gr ikan giling (ikan apa aja boleh).
  2. Ambil 300 gr tepung tapioka.
  3. Siapkan Sekitar 4 sdm tepung terigu.
  4. Gunakan 2 siung bawang putih.
  5. Siapkan 1 sdt garam.
  6. Siapkan Sejumput merica.
  7. Ambil 1 sdt gula.
  8. Gunakan Bumbu Halus untuk Kuah :.
  9. Sediakan 5 siung bawang putih.
  10. Gunakan 3 siung bawah merah.
  11. Siapkan Kira 1L air.
  12. Gunakan secukupnya Garam, gula, merica, (dicicipi biar pas).
  13. Ambil 2 sdt ebi.
  14. Ambil Bahan taburan :.
  15. Sediakan 2 batang daun sop.
  16. Ambil 1 batang daun bawang.
  17. Sediakan 4 siung bawang merah untuk jadi bawang goreng.

Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian. Tekwan juga sangat sedap jika dimakan pada malam hari ketika hujan, karena penyanjiannya yang hangat. Tekwan juga bisa dibuat sendiri kok, bahan dan caranya yang cukup simple dilansir dari akun instagram @berbagiresep. Ini dia bahan yang dibutuhkan untuk membuat tekwan.

Cara menyiapkan Resep Tekwan Simple:

  1. Siapkan tebung terigu, masukkan air sampai cair. Masak di api kecil sampai mengentak dan jadi satu, dinginkan..
  2. Siapkan ikan giling, campur bawang putih yg sudah digiling, tambahkan gula, garam, dan merica, aduk rata..
  3. Setelah ikan rata dengan bumbu, tambahkan tepung terigu yg sudah dimasak tadi, ratakan..
  4. Setelah rata, tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sampai tidak lengket lagi, kemudian bentuk kecil-kecil sesuai selera..
  5. Siapkan air, panaskan sampai mendidih, rebus tekwan yang sudah dibentuk, masak sampai mengambang, lalu angkat tiriskan..
  6. Membuat kuah : haluskan bawang merah dan putih, ebi..
  7. Tumis bumbu yg telah dihaluskan sampai harum dan agak coklat, masukkan gula, garam, merica, dan air l. Periksa rasa. (Tips : masukkan gula dan garam sebelum ditambahkan air, supaya kuah lebih gurih tanpa pakai penyedap rasa / msg 😁).
  8. Masak kuah sampai mendidih..
  9. Siapkan bawang merah, iris tipis, kemudian goreng sampai kecoklatan. Iris-iris tipis daun sop dan daun bawang. Taburkan semuanya di atas kuah yg masih panas..
  10. Selesai..

Cara membuat kuah tekwannya juga ada dlm resep tekwan yg di tautkan diatas atau bisa lebih simple seperti kuah model gandum telor puyuh dalam link resep ini. (lihat resep) Sajikan dan segera langsung di konsumsi ya! 😘 Jangan di diamkan lama karena nanti dingin, kuahnya kering terserap dan mie gorengnya akan mengembang 😅 Jadi ga enak lagi! ☺️ Aku biasanya saat mau dimakan cabe. COM - Sudah pernah icip makanan khas palembang yang satu ini? Atau malah ini adalah salah satu makanan favorit Anda? Lihat juga resep Pentol Tekwan Ikan Ciuw enak lainnya. Bulan ini sudah memasuki musim penghujan, tapi menurut saya curahnya di Jakarta sangat rendah.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Resep Tekwan Simple yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!