Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Menyiapkan Rawon daging sapi, Lezat

Rawon daging sapi. Seporsi rawon daging sapi akan sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat dengan tambahan lauk telur asin. Makanan ini juga sering dijadikan menu andalan dalam acara-acara besar maupun kecil di daerah tempat makanan ini berasal, yaitu Jawa Timur. Nah, dengan belajar cara membuat menu ini, kamu sama saja melestarikan kuliner khas nusantara.

Rawon daging sapi Dengan isian daging sapi yang lembut, rawon menjadi makanan favorit masyarakat Jawa Timur. Selain daging sapi, terkadang bahan utamnya bisa berupa iga sapi ataupun buntut sapi. Namun, dalam resep ini, digunakan daging sandung lamur sapi.

Lagi mencari inspirasi resep rawon daging sapi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal rawon daging sapi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rawon daging sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan rawon daging sapi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Seporsi rawon daging sapi akan sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat dengan tambahan lauk telur asin. Makanan ini juga sering dijadikan menu andalan dalam acara-acara besar maupun kecil di daerah tempat makanan ini berasal, yaitu Jawa Timur. Nah, dengan belajar cara membuat menu ini, kamu sama saja melestarikan kuliner khas nusantara.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan rawon daging sapi sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rawon daging sapi menggunakan 20 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Rawon daging sapi:

  1. Ambil 500 gr daging sapi (campur lemak dikit).
  2. Siapkan 1 potong lengkuas.
  3. Sediakan 1 ruas kunyit bakar.
  4. Sediakan 1 ruas jahe.
  5. Gunakan 3 daun salam.
  6. Sediakan 3 daun jeruk.
  7. Gunakan 2 batang sere.
  8. Gunakan 5 buah kluwak.
  9. Sediakan 6 bawang merah.
  10. Gunakan 4 bawang putih.
  11. Sediakan 6 butir kemiri.
  12. Gunakan 1 sdt ketumbar.
  13. Gunakan 1 sdt merica.
  14. Siapkan secukupnya Gula, garam, kaldu.
  15. Ambil Pelengkap :.
  16. Siapkan Toge pendek.
  17. Gunakan Daun melinjo.
  18. Sediakan Bawang merah goreng.
  19. Sediakan Jeruk nipis / tomat.
  20. Gunakan Sambal bawang.

Berikut ini resep rawon yang enak dan mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Resep cara membuat rawon daging sapi spesial, merupakan makanan populer asal Jawa Timur. Memiliki kuah berwarna gelap yang kaya akan rasa dan gurih. Hal ini karena untuk memasaknya, membutuhkan beragam jenis rempah.

Cara membuat Rawon daging sapi:

  1. Rebus daging sapi sampai empuk lalu potong2.
  2. Haluskan semua bumbu kecuali salam sere lengkuas daun jeruk.
  3. Tumis semua bahan smpe harum masukkan air secukupnya tunggu hingga mendidih lalu masukan potongan daging tambahkan kaldu garam, gula kemudian koreksi rasaa 🤗.
  4. Daun melinjo di masukan setelah air mendidih,, Selamat mencobaa.

Tapi jangan khawatir, sebetulnya mengolah makanan ini tidak terlalu sulit. Agar kamu bisa membuatnya di rumah, langsung saja simak resep selengkapnya. Mau bikin rawon sekarang tidak perlu ngulek-ngulek lagi, cukup tekan langsung haluss deh bumbunya. Masak cepat gak pakai ribet, semua bumbu tinggal dimasukan, tambahkan cabe rawit juga, biar repot bikin sambel lagi ya. Konon katanya resep rawon daging sapi adalah salah satu masakan yang paling tua di Indonesia dan benar-benar otentik.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat rawon daging sapi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!