Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Rawon Daging Sapi, Bikin Ngiler

Rawon Daging Sapi. Seporsi rawon daging sapi akan sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat dengan tambahan lauk telur asin. Makanan ini juga sering dijadikan menu andalan dalam acara-acara besar maupun kecil di daerah tempat makanan ini berasal, yaitu Jawa Timur. Nah, dengan belajar cara membuat menu ini, kamu sama saja melestarikan kuliner khas nusantara.

Rawon Daging Sapi Dengan isian daging sapi yang lembut, rawon menjadi makanan favorit masyarakat Jawa Timur. Selain daging sapi, terkadang bahan utamnya bisa berupa iga sapi ataupun buntut sapi. Namun, dalam resep ini, digunakan daging sandung lamur sapi.

Lagi mencari ide resep rawon daging sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal rawon daging sapi yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Seporsi rawon daging sapi akan sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat dengan tambahan lauk telur asin. Makanan ini juga sering dijadikan menu andalan dalam acara-acara besar maupun kecil di daerah tempat makanan ini berasal, yaitu Jawa Timur. Nah, dengan belajar cara membuat menu ini, kamu sama saja melestarikan kuliner khas nusantara.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rawon daging sapi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan rawon daging sapi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan rawon daging sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Rawon Daging Sapi memakai 19 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Rawon Daging Sapi:

  1. Ambil 1/2 kg daging sapi.
  2. Gunakan Bumbu halus :.
  3. Gunakan 4 buah kluwak.
  4. Siapkan 5 siung bawang merah.
  5. Sediakan 3 siung bawang putih.
  6. Ambil 2 kemiri.
  7. Siapkan 1/2 sdm ketumbar.
  8. Ambil 1 sdm merica.
  9. Gunakan 3 cm jahe.
  10. Gunakan 2 cm kunyit.
  11. Ambil 3 buah cabai merah keriting.
  12. Gunakan 1 batang sereh.
  13. Siapkan 4 lembar daun jeruk.
  14. Sediakan Secukupnya garam.
  15. Ambil Secukupnya gula merah.
  16. Sediakan Secukupnya air.
  17. Siapkan Pelengkap :.
  18. Sediakan Daun melinjo.
  19. Sediakan Tauge pendek.

Berikut ini resep rawon yang enak dan mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Resep cara membuat rawon daging sapi spesial, merupakan makanan populer asal Jawa Timur. Memiliki kuah berwarna gelap yang kaya akan rasa dan gurih. Hal ini karena untuk memasaknya, membutuhkan beragam jenis rempah.

Cara menyiapkan Rawon Daging Sapi:

  1. Rebus sebentar daging, potong kotak-kotak.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, kemiri, cabai merah, kluwak, kunyit. Jahe, sereh digeprek.
  3. Tumis bumbu halus, tambahkan jahe, sereh, daun jeruk sampai harum. Masukkan daging..
  4. Tambahkan air, garam, gula. Masak sampai daging empuk. Apabila daging sudah empuk, masukkan daun melinjo..
  5. Rawon siap disajikan.

Tapi jangan khawatir, sebetulnya mengolah makanan ini tidak terlalu sulit. Agar kamu bisa membuatnya di rumah, langsung saja simak resep selengkapnya. Mau bikin rawon sekarang tidak perlu ngulek-ngulek lagi, cukup tekan langsung haluss deh bumbunya. Masak cepat gak pakai ribet, semua bumbu tinggal dimasukan, tambahkan cabe rawit juga, biar repot bikin sambel lagi ya. Konon katanya resep rawon daging sapi adalah salah satu masakan yang paling tua di Indonesia dan benar-benar otentik.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan rawon daging sapi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!