Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Rawon Daging Sapi yang Enak

Rawon Daging Sapi. Seporsi rawon daging sapi akan sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat dengan tambahan lauk telur asin. Makanan ini juga sering dijadikan menu andalan dalam acara-acara besar maupun kecil di daerah tempat makanan ini berasal, yaitu Jawa Timur. Nah, dengan belajar cara membuat menu ini, kamu sama saja melestarikan kuliner khas nusantara.

Rawon Daging Sapi Dengan isian daging sapi yang lembut, rawon menjadi makanan favorit masyarakat Jawa Timur. Selain daging sapi, terkadang bahan utamnya bisa berupa iga sapi ataupun buntut sapi. Namun, dalam resep ini, digunakan daging sandung lamur sapi.

Sedang mencari ide resep rawon daging sapi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal rawon daging sapi yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Seporsi rawon daging sapi akan sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat dengan tambahan lauk telur asin. Makanan ini juga sering dijadikan menu andalan dalam acara-acara besar maupun kecil di daerah tempat makanan ini berasal, yaitu Jawa Timur. Nah, dengan belajar cara membuat menu ini, kamu sama saja melestarikan kuliner khas nusantara.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rawon daging sapi, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan rawon daging sapi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah rawon daging sapi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Rawon Daging Sapi memakai 28 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Rawon Daging Sapi:

  1. Siapkan 1/2 kg daging sapi, bersihkan, potong dadu.
  2. Sediakan 3 btg daun bawang, potong-potong.
  3. Siapkan 2 cm lengkuas, geprek.
  4. Ambil 2 daun salam.
  5. Ambil 4 daun jeruk purut.
  6. Gunakan 1500 ml air.
  7. Ambil 2 sdm oliv oil/minyak untuk menumis.
  8. Gunakan 1 sdm garam.
  9. Siapkan 1 sdm gula.
  10. Siapkan 1/2 sdm penyedap rasa.
  11. Ambil Bumbu halus.
  12. Siapkan 6 siung bawang merah.
  13. Siapkan 3 siung bawang putih.
  14. Siapkan 4 biji kemiri.
  15. Siapkan 3 cm kunyit, bakar.
  16. Gunakan 1.5 cm kencur.
  17. Sediakan 1.5 cm jahe.
  18. Ambil 1/2 sdt ketumbar.
  19. Sediakan 1/4 sdt peres jinten.
  20. Gunakan 1/4 sdt merica butiran.
  21. Ambil 4 kluwek, belah dan rendam.
  22. Sediakan Pelengkap.
  23. Sediakan 50 gram kecambah.
  24. Gunakan 5 sdm bawang goreng.
  25. Sediakan Telur asin/ telur rebus.
  26. Siapkan Emping/kerupuk (skip).
  27. Ambil Lombok rawet rebus, ulek atau lombok utuh.
  28. Siapkan 1 buah jeruk nipis.

Berikut ini resep rawon yang enak dan mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Resep cara membuat rawon daging sapi spesial, merupakan makanan populer asal Jawa Timur. Memiliki kuah berwarna gelap yang kaya akan rasa dan gurih. Hal ini karena untuk memasaknya, membutuhkan beragam jenis rempah.

Langkah-langkah menyiapkan Rawon Daging Sapi:

  1. Siapkan air dalam panci presto, masukan daging sapi, biarkan hingga matang. Saya pakai presto. Begitu bunyi langsung dimatii..
  2. Sementara menunggu daging setengah empuk, bisa di ulek bumbu halusnya hingga benar-benar halus ya/ di blander..
  3. Baru tambahkan kluwek yang sudah di beri air panas sebelumnya, ulek lagi hingga kluwek halus dan tercampur rata. Tumis bumbu halus hingga harum dengan minyak secukupnya hingga bumbu tanek.Masukkan daging. Dan tambahkan bumbu² cemplungnya..
  4. Saring sisa air kaldu bekas rebusan daging dan beri air, aduk rata, biarkan mendidih sesekali di aduk hingga daging betul-betul empuk ya. Tambahkan garam, gula dan kalsu rasa sapi, tambahkan daun bawang, diamkan beberapa saat lalu angkat..
  5. Tata daging sapi dalam mangkok, beri kuah, beri tauge taburi bawang goreng dan letakkan telor rebus di atasnya, siap di santap selagi hangat dengan nasi dan kerupuk/emping dan pelengkap lainnya spt Sambel serta kucuran jeruk nipis..

Tapi jangan khawatir, sebetulnya mengolah makanan ini tidak terlalu sulit. Agar kamu bisa membuatnya di rumah, langsung saja simak resep selengkapnya. Mau bikin rawon sekarang tidak perlu ngulek-ngulek lagi, cukup tekan langsung haluss deh bumbunya. Masak cepat gak pakai ribet, semua bumbu tinggal dimasukan, tambahkan cabe rawit juga, biar repot bikin sambel lagi ya. Konon katanya resep rawon daging sapi adalah salah satu masakan yang paling tua di Indonesia dan benar-benar otentik.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan rawon daging sapi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!