Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah untuk Membuat Rawon daging sapi yang Bisa Manjain Lidah

Rawon daging sapi. Seporsi rawon daging sapi akan sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat dengan tambahan lauk telur asin. Makanan ini juga sering dijadikan menu andalan dalam acara-acara besar maupun kecil di daerah tempat makanan ini berasal, yaitu Jawa Timur. Nah, dengan belajar cara membuat menu ini, kamu sama saja melestarikan kuliner khas nusantara.

Rawon daging sapi Dengan isian daging sapi yang lembut, rawon menjadi makanan favorit masyarakat Jawa Timur. Selain daging sapi, terkadang bahan utamnya bisa berupa iga sapi ataupun buntut sapi. Namun, dalam resep ini, digunakan daging sandung lamur sapi.

Sedang mencari inspirasi resep rawon daging sapi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal rawon daging sapi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rawon daging sapi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan rawon daging sapi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Seporsi rawon daging sapi akan sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat dengan tambahan lauk telur asin. Makanan ini juga sering dijadikan menu andalan dalam acara-acara besar maupun kecil di daerah tempat makanan ini berasal, yaitu Jawa Timur. Nah, dengan belajar cara membuat menu ini, kamu sama saja melestarikan kuliner khas nusantara.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah rawon daging sapi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Rawon daging sapi menggunakan 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Rawon daging sapi:

  1. Gunakan 1/4 kg daging sapi, potong dadu.
  2. Ambil 1 bungkus kecambah.
  3. Ambil 1 ruas lengkuas geprek.
  4. Gunakan 2 lembar daun jeruk.
  5. Gunakan 2 lembar daun salam.
  6. Sediakan 1 batang serai geprek.
  7. Siapkan secukupnya Minyak goreng.
  8. Ambil 1 Liter air/sesuai selera.
  9. Siapkan Bumbu halus :.
  10. Ambil 6 siung bawang merah.
  11. Ambil 3 siung bawang putih.
  12. Ambil 4 biji kluwek.
  13. Gunakan 2 cm kunyit.
  14. Gunakan 1 ruas jahe.
  15. Gunakan 2 butir kemiri sangrai.
  16. Ambil 1/2 sdt ketumbar.
  17. Siapkan Secukupnya garam.
  18. Sediakan Secukupnya kaldu jamur.

Berikut ini resep rawon yang enak dan mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Resep cara membuat rawon daging sapi spesial, merupakan makanan populer asal Jawa Timur. Memiliki kuah berwarna gelap yang kaya akan rasa dan gurih. Hal ini karena untuk memasaknya, membutuhkan beragam jenis rempah.

Langkah-langkah menyiapkan Rawon daging sapi:

  1. Didihkan air dalam panci. Masukkan daging, daun jeruk daun salam dan serai. Rebus daging hingga empuk..
  2. Siapkan bumbu halus. Pecahkan kluwek terlebih dahulu, keluarkan isinya. Rendam isian kluwek dengan air panas (sedikit saja yang penting terendam).
  3. Haluskan semua bumbu, tumis hingga bumbu benar-benar matang..
  4. Masukkan tumisan bumbu ke dalam panci rebusan daging, masak menggunakan api kecil hingga bumbu meresap..
  5. Koreksi rasa. Jika sudah pas, rawon siap dihidangkan di mangkuk dengan taburan kecambah ^^.

Tapi jangan khawatir, sebetulnya mengolah makanan ini tidak terlalu sulit. Agar kamu bisa membuatnya di rumah, langsung saja simak resep selengkapnya. Mau bikin rawon sekarang tidak perlu ngulek-ngulek lagi, cukup tekan langsung haluss deh bumbunya. Masak cepat gak pakai ribet, semua bumbu tinggal dimasukan, tambahkan cabe rawit juga, biar repot bikin sambel lagi ya. Konon katanya resep rawon daging sapi adalah salah satu masakan yang paling tua di Indonesia dan benar-benar otentik.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat rawon daging sapi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!