Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Rawon tetelan dan daging yang Enak Banget

Rawon tetelan dan daging. Suka masakan rumah yang kaya rempah. Tetelan adalah bagian daging sapi yang sebenarnya merupakan sisa daging yang melekat pada tulang. Daging ini berupa campuran daging, urat, lemak dan sebagainya.

Rawon tetelan dan daging Artikel bertopik bahan masakan ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya. Cara Membuat Rawon Daging Asli yang Enak dan Lezat: Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mempersiapkan sebuah panci diatas kompor dan nyalakan api yang sedang.

Sedang mencari ide resep rawon tetelan dan daging yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal rawon tetelan dan daging yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Suka masakan rumah yang kaya rempah. Tetelan adalah bagian daging sapi yang sebenarnya merupakan sisa daging yang melekat pada tulang. Daging ini berupa campuran daging, urat, lemak dan sebagainya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rawon tetelan dan daging, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan rawon tetelan dan daging yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat rawon tetelan dan daging sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Rawon tetelan dan daging memakai 25 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Rawon tetelan dan daging:

  1. Ambil 250 gr daging + tetelan.
  2. Sediakan 1 daun bawang, potong2.
  3. Sediakan 2 lembar daun salam.
  4. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  5. Sediakan 1 serai, geprek.
  6. Gunakan 2 ruas lengkuas, geprek.
  7. Sediakan 3 siung bawang merah, iris tipis.
  8. Siapkan 2 sdm air asam jawa.
  9. Ambil secukupnya garam, kaldu bubuk.
  10. Ambil secukupnya Air.
  11. Sediakan Bumbu halus :.
  12. Ambil 4 siung bawang merah.
  13. Gunakan 2 siung bawang putih.
  14. Siapkan 2 buah kluwek.
  15. Ambil 1 sdt ketumbar.
  16. Sediakan 1 sdt merica.
  17. Ambil 2 buah kemiri.
  18. Sediakan 2 ruas kunyit, bakar.
  19. Gunakan 1 sdm gula merah sisir.
  20. Siapkan Pelengkap :.
  21. Ambil 100 gr tauge.
  22. Gunakan Irisan jeruk nipis.
  23. Ambil Telur asin.
  24. Sediakan Sambal.
  25. Gunakan Bawang goreng.

Kemudian setelah itu, tuangkan air kedalamnya dan masukkan potongan daging yang sudah anda siapkan sebelumnya. Rebus daging dalam air sampai mendidih dan tekstur daging meNjadi lebih empuk. Rawon itu kan biasanya hitam dari kluwek ya, sedangkan rawon ditempat biasa saya makan di warung tegal bahari samping universitas pakuan tempat saya kuliah dulu ya begini😆kuah merah dengan isi tetelan sapi ini enak banget pake nasi anget dibikin nasi rames gitu, disini saya pake daging kepala ya. Untuk sajian rawon yang komplit, sajikan rawon bersama nasi dilengkapi dengan tauge kecil, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

Langkah-langkah membuat Rawon tetelan dan daging:

  1. Potong dadu daging + tetelan ato sesuai selera, lalu cuci bersih, kemudian rebus daging, pada air rebusan pertama dibuang lalu diganti dg yg baru, rebus hingga daging tetelan empuk.
  2. Tumis bawang merah iris hingga harum, lalu masukkan bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, daun salam, serai hingga harum, kemudian masukkan daging beserta kuah rebusanya, masak hingga meresap, jgn lupa beri garam dan kaldu bubuk, air asam jawa, tes rasa, terakhir masukkan potongan daun bawang, matikan kompor, angkat.
  3. Siapkan pelengkapnya, berupa toge kecil2 yg sudah dibersihkan dan disiram air panas/rendam di air panas sebentar saja, sambal, jeruk nipis, tempe goreng, telur asin beserta bawang gorengnya.
  4. Untuk penyajian, tata rawon dalam mangkok, taburi toge dan bawang goreng, jika suka kucuri dg jeruk nipis, rawon siap dihidangkan dg telur asin, tempe goreng dan sambal, jangan lupa nasi hangatnya, hmmm yummy, seger.
  5. Selamat mencoba 😊.

Jika berburu rawon di luaran, warung rawon yang cukup populer diantaranya adalah Rawon Nguling di Pasuruan, dan Rawon Setan di jalan Embong Malang, Surabaya. Simak resep Cara Membuat Rawon Daging Sapi Spesial. Lengkap foto dan video agar jelas. Resep sudah dicoba di dapur, jadi pasti enak. Resep cara membuat rawon daging sapi spesial, merupakan makanan populer asal Jawa Timur.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat rawon tetelan dan daging yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!