Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Onde Onde Ketan Hitam yang Enak

Onde Onde Ketan Hitam. Dulu sya pernah bikin dengan campuran kentang kukus yang dihaluskan, lalu kali ini sy campur dengan tapioka. Udah sering sebenernya bikin onde" tapi yang versi ketan putih aja, karna ada stok tepung ketan hitam yang udah di jadiin onde" (hmmm sungguh pengantar yang ga berfaedah) Cara membuat onde-onde ketan hitam cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama, selain itu bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah kita jumpai seperti di toko-toko terdekat anda maupun di pasaran. Dengan seiring kemajuan zaman, onde-onde cukup sulit kita temukan.

Onde Onde Ketan Hitam Dulu sya pernah bikin dengan campuran kentang kukus yang dihaluskan, lalu kali ini sy campur dengan tapioka. Hanya saja, yang pakai kentang kukus lebih empuk tidak ada. Onde onde, makanan ini pasti bunda sudah pernah mencobanya kan.

Sedang mencari ide resep onde onde ketan hitam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal onde onde ketan hitam yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Dulu sya pernah bikin dengan campuran kentang kukus yang dihaluskan, lalu kali ini sy campur dengan tapioka. Udah sering sebenernya bikin onde" tapi yang versi ketan putih aja, karna ada stok tepung ketan hitam yang udah di jadiin onde" (hmmm sungguh pengantar yang ga berfaedah) Cara membuat onde-onde ketan hitam cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama, selain itu bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah kita jumpai seperti di toko-toko terdekat anda maupun di pasaran. Dengan seiring kemajuan zaman, onde-onde cukup sulit kita temukan.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari onde onde ketan hitam, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan onde onde ketan hitam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah onde onde ketan hitam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Onde Onde Ketan Hitam menggunakan 15 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Onde Onde Ketan Hitam:

  1. Gunakan Bahan isi.
  2. Siapkan 100 gr kacang hijau (bisa kupas/tidak).
  3. Gunakan 5 sdm gula pasir.
  4. Siapkan 1/4 sdt vanila bubuk.
  5. Gunakan Sejumput garam.
  6. Siapkan 100 ml santan/air.
  7. Siapkan Bahan kulit.
  8. Ambil 100 gr tepung ketan putih.
  9. Siapkan 100 gr tepung ketan hitam.
  10. Ambil 1 buah kentang ukuran sedang di kukus.
  11. Ambil 5 sdm gula pasir.
  12. Siapkan 1/4 sdt garam.
  13. Gunakan 250 ml air hangat.
  14. Ambil Bahan lain.
  15. Siapkan Secukupnya wijen.

Rasanya yang manis,legit dan enak membuat onde onde banyak digemari tua maupun muda. Haiii semua ,, Selamat datang di channel ini,, Di video kali ini saya membuat Onde-onde ketan hitam,, Cara membuatnya tonton videonya sampai habis yah. Bahkan macamnya pun sangat banyak, ada onde-onde kacang hijau, onde-onde pandan, onde-onde ketan hitam dan banyak lainnya. Nah, umumnya isian onde-onde ini adalah kacang hijau.

Cara menyiapkan Onde Onde Ketan Hitam:

  1. Buat bahan isi: rendam kacang hijau minimal 2 jam (saya semalaman) lalu cuci dan rebus hingga lunak, setelah itu tiriskan kemudian blender hingga halus, lalu masak lagi bersama gula, vanila bubuk, garam dan santan, masak sampai santan habis, setelah itu bulat" kan.
  2. Buat bahan kulit: masukkan semua bahan kering, aduk rata, lalu tambahkan kentang yang sudah di kukus dan di haluskan, beri air sedikit demi sedikit, uleni sampai bisa di pulung,.
  3. Ambil secukupnya adonan kulit, pipihkan lalu beri isian dan tutup kembali serta di bulat" kan, celupkan ke dalam air dan balurkan ke wijen sambil agak di tekan agar wijen tidak rontok ketika di goreng.
  4. Masukkan onde" mentah ke minyak yang masih dingin, setelah itu baru nyalakan kompor dengan api kecil, setelah mengapung agak besarkan apinya sambil di bolak balik agar tidak gosong, setelah matang angkat dan sajikan.

Namun saat ini sudah banyak kreasi resep onde-onde. Sehingga tak jarang kamu bisa mendapati penjual kudapan ini dengan beragam warna dan rasa yang lebih menarik. Tata semua bahan yang sudah siap untuk membuat onde-onde (bahan kulit, isian yg sudah dibentuk dan wijen). Bulatkan lalu pipihkan dan beri isian. Karena saya suka lawakannya Tukul yang memplesetkan "Ondeh-mandeh"-nya orang Minang dengan "Onde-onde", mengingat saya sering mendengarnya karena temen-temen kos saya di Bandung orang Minang semua.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Onde Onde Ketan Hitam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!