Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Rawon daging (khas jatim) Anti Gagal

Rawon daging (khas jatim). Resep rawon daging sapi - masakan khas Jawa Timur. Dengan isian daging sapi yang lembut, rawon menjadi makanan favorit masyarakat Jawa Timur. Selain daging sapi, terkadang bahan utamnya bisa berupa iga sapi ataupun buntut sapi.

Rawon daging (khas jatim) Rawon Jawa Timur adalah makanan kuliner yang sekarang bisa di jumpai dimana-mana. Memasaknya sedikit ribet karena bumbu dan bahan pelengkapnya banyak. Bagi ibu-ibu yang gemar memasak bisa.

Anda sedang mencari ide resep rawon daging (khas jatim) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal rawon daging (khas jatim) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rawon daging (khas jatim), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan rawon daging (khas jatim) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Resep rawon daging sapi - masakan khas Jawa Timur. Dengan isian daging sapi yang lembut, rawon menjadi makanan favorit masyarakat Jawa Timur. Selain daging sapi, terkadang bahan utamnya bisa berupa iga sapi ataupun buntut sapi.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah rawon daging (khas jatim) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Rawon daging (khas jatim) menggunakan 22 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Rawon daging (khas jatim):

  1. Ambil 500 gram daging.
  2. Sediakan 500 gram labu siam.
  3. Ambil 750 air untuk merebus.
  4. Siapkan Bumbu halus.
  5. Sediakan 2 ons kluwak.
  6. Siapkan 10 butir bawang merah.
  7. Gunakan 5 butir bawang putih.
  8. Ambil 1 sdt ketumbar bubuk.
  9. Gunakan Sejumput jinten.
  10. Siapkan 2 cm jahe.
  11. Sediakan 2 cm kunyit.
  12. Sediakan 2 cabe gede buang biji.
  13. Gunakan 1 sdt kemiri halus.
  14. Gunakan Bahan lain digeprek:.
  15. Gunakan 2 batang daun bawang potong2.
  16. Ambil 3 helai daun salam.
  17. Sediakan 5 helai daun jeruk.
  18. Gunakan 2 batang serai.
  19. Siapkan Sejari lengkuas.
  20. Siapkan secukupnya Garam.
  21. Siapkan 2 sdm Gula.
  22. Gunakan Penyedap kaldu sapi.

KOMPAS.com - Hidangan sup daging berkuah hitam yang menjadi ikon kuliner Jawa Timur ini disebut dengan rawon. Warna hitam pada kuah rawon berasal dari bumbu khas Indonesia bernama kluwak. Penambahan bumbu kluwek tak hanya memberi warna hita, melainkan juga rasa legit pada kuah rawon. Resep Rawon Daging Khas Jawa Timur.

Langkah-langkah menyiapkan Rawon daging (khas jatim):

  1. Presto daging hitung 5 menit dari bunyi jesss dengan api besar, matikan api jangan buka panci presto selama 15 menit. Setelah itu potong2 daging sesuai selera.
  2. Kupas dan Potong dadu labu siam..
  3. Haluskan bumbu, tumis bersama daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas sampai harum. Lalu masukkan daging yang sudah dipotong dan labu tumis sebentar sampai terbalur bumbu merata. (Kalau diblender gunakan minyak saja tanpa air kalau bisa.).
  4. Masukkan tumisan dalam air rebusan daging tadi, rebus lagi sampai labu matang. Tes rasa.
  5. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan daun bawang. Jangan lupa krupuk putihnya..

Untuk membuat rawon daging sapi, biasanya akan menggunakan bagian sandung lamur. Sementara untuk proses pengolahannya sebenarnya tergolong praktis dan mudah, sehingga bagi Kamu yang baru pertama kali mencoba tak perlu khawatir akan gagal. Idealnya rawon dibuat dari daging sandung lamur atau di dunia kuliner dikenal dengan brisket, yang sedikit berlemak dan enak dimasak lama. Namun, kamu juga bisa menggunakan bagian-bagian lainnya sesuai selera. Memasak resep rawon daging sapi khas Jawa Timur lebih enak bila di diamkan semalaman.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Rawon daging (khas jatim) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!