Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Membuat Kimchi dengan bahan 95% lokal Anti Gagal

Kimchi dengan bahan 95% lokal. Find Great Deals from the Top Retailers. Ceritanya, dulu sempet lihat acara di TVN "Mother Touch Side Korean Dishes" Yg host nya Kim Su Mi dan Jang Dong Min yang kebetulan lagi bikin kimchi sederhana, lha mereka pake cabe utuh bukannya gochujang. Tapi lupa pas itu bikin kimchi apa yak.

Kimchi dengan bahan 95% lokal Buat bunda-bunda yang suka kimchi, silahkan dicoba ya. Habis nonton drama korea, tiba-tiba kangen pengen makan kimchi. Tapi kalo beli kan mahal 😂 jadi bikin deh sendiri.

Sedang mencari ide resep kimchi dengan bahan 95% lokal yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kimchi dengan bahan 95% lokal yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Find Great Deals from the Top Retailers. Ceritanya, dulu sempet lihat acara di TVN "Mother Touch Side Korean Dishes" Yg host nya Kim Su Mi dan Jang Dong Min yang kebetulan lagi bikin kimchi sederhana, lha mereka pake cabe utuh bukannya gochujang. Tapi lupa pas itu bikin kimchi apa yak.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kimchi dengan bahan 95% lokal, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan kimchi dengan bahan 95% lokal yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat kimchi dengan bahan 95% lokal sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Kimchi dengan bahan 95% lokal menggunakan 16 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Kimchi dengan bahan 95% lokal:

  1. Sediakan 2 sawi putih uk sedang, dibelah, dan direndam air garam 30 menit.
  2. Sediakan 1 bungkus garam.
  3. Ambil Pelengkap :.
  4. Gunakan Daun bawang secukupnya, potong 2-3 cm.
  5. Gunakan 1 buah Wortel iris korek.
  6. Ambil 2 sdm ebi kering.
  7. Siapkan Bumbu :.
  8. Siapkan 125 ml kecap ikan.
  9. Sediakan 500 gr cabai merah besar, sebanyak 3/4 buang bijinya.
  10. Siapkan 3 ruas jahe, kupas kulitnya.
  11. Sediakan 300 gr bawang putih kupas.
  12. Sediakan 1,5 bagian bawang Bombay.
  13. Gunakan 4 sdm gula pasir.
  14. Sediakan Biang :.
  15. Ambil 2 sdm tepung beras.
  16. Ambil 125 ml air.

Dalam resep ini, aku pake bahan-bahan lokal saja kakaaa hehhe. Cara membuat kimchi dengan bahan-bahan lokal. Berikut ini kita akan belajar cara membuat kimchi jenis Bae-chu Geot-jo-ri. Ini adalah jenis kimchi segar yang bisa langsung dikonsumsi walaupun tanpa proses fermentasi.

Cara menyiapkan Kimchi dengan bahan 95% lokal:

  1. Setelah sawi dibelah, rendam hingga permukaan sawi tertutup dengan air dan 100 gr garam. Fungsinya untuk membersihkan bagian dalam sawi yang kemungkinan terdapat hewan-hewan kecil, rendam selama 20-30 menit..
  2. Cuci bersih sawi, lalu mulai garami di setiap bagian. Biarkan selama kurang lebih 2 jam atau sampai sawi layu, tandanya bisa ditekuk dan tidak sobek batangnya..
  3. Setelah sawi diasinkan, bilas dan cuci sebanyak 3 kali. Saat mencuci, pastikan bagian dalam sawi tidak lagi terdapat sisa garam. Dicucian yang ketiga, rendam sebentar selama kurang lebih 15 menit. Baru tiriskan airnya..
  4. Sawi bisa dipotong sesuai ukuran gigitan, atau dibiarkan pada bentuknya..
  5. Masak bahan biang di atas kompor kecil, hingga menjadi bubur, sisihkan..
  6. Blender semua bumbu, sampai halus..
  7. Masukkan bumbu ke dalam baskom besar, masukkan pula biang dan bahan pelengkap. Aduk rata, lalu koreksi rasa. Jika sudah pas, masukkan sawi asin dan aduk rata, atau jika sawi utuh, maka baluri setiap bagiannya dengan bumbu kimchi..
  8. Simpan kimchi di wadah tertutup dan biarkan terfermentasi selama 24 jam, selanjutnya masukan ke dalam kulkas..

Tetapi bisa juga disimpan di dalam lemari es atau wadah tertutup semalaman agar lebih asam. Hallo kali ini aku mau share pangalaman aku setelah beberapa kali berhasil bikin kimchi sendiri di rumah dengan bahan lokal. Bikin kimchi sendiri di rumah gampang loh, selain harganya jauh lebih murah dari toko kita juga bisa memastikan bahan-bahan serta proses yang kita lakukan itu bersih. Kimchi adalah salah satu makanan pendamping yang wajib ada dalam hidangan makanan Korea. Kimchi dibuat dari sayur-sayuran yang difermentasi dengan bubuk cabai.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Kimchi dengan bahan 95% lokal yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!