Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sop Buntut Klasik Anti Gagal

Sop Buntut Klasik. Different versions of oxtail soup exist: Korean, Chinese, a fried/barbecued oxtail combined with soup variation which is a popular dish in Indonesia where it is called as sop buntut. Sop buntut merupakan salah satu hidangan yang terkenal di Indonesia. Selain itu, hidangan ini juga terkenal di negara-negara lain seperti Tiongkok, Korea, dan Inggris.

Sop Buntut Klasik Sop buntut sangat baik untuk kesehatan, karena mengandung mineral dan protein tinggi dari daging sapi. Sementara kuahnya yang kaya rempah akan membantu menghangatkan badan. Masih dilengkapi dengan wortel dan kentang yang baik untuk kesehatan pula.

Lagi mencari ide resep sop buntut klasik yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sop buntut klasik yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sop buntut klasik, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sop buntut klasik yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Different versions of oxtail soup exist: Korean, Chinese, a fried/barbecued oxtail combined with soup variation which is a popular dish in Indonesia where it is called as sop buntut. Sop buntut merupakan salah satu hidangan yang terkenal di Indonesia. Selain itu, hidangan ini juga terkenal di negara-negara lain seperti Tiongkok, Korea, dan Inggris.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sop buntut klasik yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sop Buntut Klasik memakai 19 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sop Buntut Klasik:

  1. Gunakan 1 kg Buntut Sapi. Bersihkan satu persatu di air mengalir, lalu rendam 15 menit, buang air rendaman, bilas lagi.
  2. Siapkan 1 buah wortel potong 4-5.
  3. Gunakan 1 buah kentang potong 6.
  4. Sediakan 1 Daun bawang bagian putihnya (yg agak besar), potong2.
  5. Gunakan 3 Kembang lawang.
  6. Siapkan 1/2 bawang bombay potong2.
  7. Sediakan 3 bawang putih iris/geprek.
  8. Siapkan 3 butir kapulaga.
  9. Sediakan 3 butir cengkeh.
  10. Sediakan 3 lembar daun salam.
  11. Siapkan 12 biji blackpepper.
  12. Ambil 2 liter Air.
  13. Gunakan Bahan Sayuran.
  14. Gunakan 1 buah wortel.
  15. Siapkan 1 buah kentang.
  16. Gunakan 1/2 bawang bombay iris.
  17. Gunakan Minyak utk menumis.
  18. Gunakan 1/2 sdt kecap manis.
  19. Ambil secukupnya Garam.

Resep Sop Buntut - Sajian makanan dari daging memiliki rasa dan aroma yang khas adalah sop. Hidangann ini begitu khas dengan penggunaan sayuran dan kuah gurih yang didapatkan dari daging ini memang sangatlah istimewa. Sop buntut ini memiliki aroma kayu manis yang unik. Seperti ditulis penulis buku food report Surabaya, porsi sop buntut ini cukup besar untuk dinikmati berdua.

Cara membuat Sop Buntut Klasik:

  1. Buntut sapi dikeringkan dgn kertas tissue lalu beri garam dan lada. Diamkan sebentar..
  2. Siapkan panci, masukkan minyak sedikit, masukkan buntut sapi (sear) dibakar seperti membakar steak ya. 3 menit disetiap sisi. Jangan di bolak balik. Tujuannya biar bentuk buntut nantinya ttp bagus namun juicy. Setelah itu sisihkan..
  3. Dengan minyak bekas buntut tadi, tumis daun bawang, bawang putih, dan bawang bombay sampai wangi. Masukkan wortel, kentang, kembang lawang, cengkeh, daun salam, kapulaga, blackpepper. Aduk sebentar lalu deglazed sisa lemag daging yg menempel dengan sedikit air..
  4. Masukkan buntut sapi yg sudah di sear tadi. Lalu tambahkan air. Masak sampai mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan masak selama 2.5-3 jam agar daging buntut super lembut..
  5. 15 menit sebelum buntutnya matang, siapkan bahan sayuran. Potong2 wortel dan kentang sesuai selera. Tumis dengan pan sampai setengah matang. Sisihkan..
  6. Setelah 3 jam, keluarkan buntut satu per satu dari panci, lalu saring kuahnya hingga menjadi kuah bening..
  7. Dengan menggunakan panci buntut tadi, tumis bawang bombay, masukkan wortel dan kentang yg 1/2 matang, masukkan buntut dan kuahnya. Masak 10 menit. Tambahkan 1 sdt kecap manis, dan garam sesuai selera. Jika sudah sesuai rasanya matikan kompor..
  8. Sop buntut siap disajikan dengan Nasi putih dan perasan jeruk nipis..

Jadi siap memburu sop buntut di Surabaya? Tidak hanya menyajikan sop buntut sapi klasik, disini juga kamu dapat mencoba sop. Hidangan sop buntut akan dapat menghangatkan tubuh dan membuat selera makana anda semakin tergugah. Nah, berikut ini ada resep bagaimana membuat sop buntut. Resep (Recipe) dan Cara Membuat Masakan Sop Buntut Sapi Special, Istimewa yang Enak.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sop Buntut Klasik yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!