Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Sop Ayam Klaten yang Bisa Manjain Lidah

Sop Ayam Klaten. Lihat juga resep Sop Ayam ala pak Min klaten enak lainnya. Product/Service Sop ayam favorite, rasanya light, gurih dan enaaak pokoknya. Apalagi kalau badan lagi agak drop atau lagi flu, sop ayam bisa jadi salah satu menu andalan.

Sop Ayam Klaten Waktu masih tinggal di jakarta, sama suami suka makan sop ayam nya pak Min yang di Matraman. Potongan ayamnya besar trus seger kuahnya, ga brenti kalo kuah blom abis, hihihi. Sekarang udah tinggal di kaltim kayanya jauh juga ya kalo mau makan sop ayam Pak Min.

Sedang mencari ide resep sop ayam klaten yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sop ayam klaten yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Sop Ayam ala pak Min klaten enak lainnya. Product/Service Sop ayam favorite, rasanya light, gurih dan enaaak pokoknya. Apalagi kalau badan lagi agak drop atau lagi flu, sop ayam bisa jadi salah satu menu andalan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sop ayam klaten, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sop ayam klaten yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sop ayam klaten sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Sop Ayam Klaten menggunakan 20 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sop Ayam Klaten:

  1. Ambil 1 ekor Ayam kampung.
  2. Sediakan 1500-2000 ml air tergantung ayam.
  3. Siapkan 2 sdm minyak untuk menumis.
  4. Ambil 2 ruas jahe geprak.
  5. Ambil 2 helai daun salam.
  6. Ambil 3 helai daun jeruk.
  7. Sediakan 1 batang sere.
  8. Siapkan 2 batang daun seledri ikat simpul.
  9. Ambil Bumbu.
  10. Ambil 5 siung bawang putih cincang halus.
  11. Gunakan 1 sdt lada bubuk.
  12. Gunakan 1/2 butir pala, uleg hingga halus.
  13. Ambil 1 sdm gula pasir/ sesuai selera.
  14. Siapkan secukupnya Garam.
  15. Ambil 1 sdt kaldu bubuk (optional).
  16. Gunakan Pelengkap.
  17. Ambil Daun seledri potong halus.
  18. Gunakan secukupnya Bawang goreng.
  19. Ambil Jeruk nipis.
  20. Siapkan Sambal(15cabe rawit rebus blender dgn 5sdm air).

Siapa sih yang tidak mengenal sop ayam asal klaten satu ini? Yap, sop ini memang bisa terbilang sangat melegenda karena hampir di setiap kota di pulau Jawa memiliki cabang sop satu ini di kotanya. Meskipun termasuk jenis sop yang sederhana, rasa kuah kaldu ayam gurih ini akan membuat anda susah lupa. Untuk itu, bagi anda yang ingin terus mencicipi sop ini tak perlu khawatir, karena resep sop.

Cara membuat Sop Ayam Klaten:

  1. Bersihkan ayam, potong sesuai selera, cincang halus bawang putih sisihkan.
  2. Tumis bawang putih, lada bubuk, jahe, daun salam, sere, pala daun jeruk hingga harum, masukkan air rebus hingga mendidih kemudian masukkan ayam, rebus hingga ayam lunak.
  3. Setelah lunak masukkan daun seledri, koreksi rasa.
  4. Sambal: rebus cabe rawit, blender dgn 5sdm air.
  5. Sajikan dengan pelengkap jeruk nipis, bawang goreng, sambal dan daun seledri.

Resep Sop Ayam Klaten, dengan menggunakan ayam kampung yang sudah direbus, dipotong-potong kemudian disiram kuah. Dan ditambah uritan (telor muda), sudah diiris-iris di dalam mangkuk-mangkuk tinggal menyiram dengan kaldu panas. Dengan rasa kaldu yang sungguh gurih kaldu, hanya terlacak aroma lada yang sangat kuat diiringi bawang putih. Agaknya inilah bumbu sederhana andalan Pak Min. Resep Sop Ayam Pak Min khas Klaten Hangat, Enak dan Gurih.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sop Ayam Klaten yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!