Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Rawon jatim, Enak

Rawon jatim. Rawon, Jawa Timur Signature Dish An authentic Jawa Timur beef soup and also Jawa Timur signature dish. Some of our countrymen translated its name into black soup but no for me that's not right, their name is Rawon, just rawon or beef rawon if you want it a little longer. Rawon is my absolute favorite food, I can eat it everyday without question.

Rawon jatim Memasaknya sedikit ribet karena bumbu dan bahan pelengkapnya banyak. Bagi ibu-ibu yang gemar memasak bisa dicoba resep berikut ini tetapi, kalau mau lebih mudah bisa beli bumbu yang langsung jadi di supermarket. Biasanya rawon dijual di warung warung atau resto khas masakan Jawa Timur dan biasanya ada juga pecel jawa timur, rujak cingur dan masakan Jawa Timur lainnya.

Anda sedang mencari inspirasi resep rawon jatim yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal rawon jatim yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Rawon, Jawa Timur Signature Dish An authentic Jawa Timur beef soup and also Jawa Timur signature dish. Some of our countrymen translated its name into black soup but no for me that's not right, their name is Rawon, just rawon or beef rawon if you want it a little longer. Rawon is my absolute favorite food, I can eat it everyday without question.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rawon jatim, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan rawon jatim enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan rawon jatim sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Rawon jatim menggunakan 20 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Rawon jatim:

  1. Ambil 1/2 kg daging sapi.
  2. Siapkan 1/4 taoge.
  3. Sediakan Secukupnya daun bawang.
  4. Ambil 1 buah kluwak (seduh air panas).
  5. Ambil 1 cm laos geprek.
  6. Gunakan 1 buah serai geprek.
  7. Ambil 1 cm jahe geprek.
  8. Ambil 2 buah daun jeruk.
  9. Gunakan 2 buah daun salam.
  10. Siapkan 2 sdm gula jawa.
  11. Sediakan 1 sdt kaldu bubuk.
  12. Ambil Bumbu halus:.
  13. Ambil 3 buah cabe merah besar.
  14. Sediakan 8 siung bawang merah.
  15. Gunakan 3 siung bawang putih.
  16. Gunakan 2 butir kemiri sangrai.
  17. Sediakan 1/2 sdt lada bubuk.
  18. Ambil 1 sdt ketumbar.
  19. Siapkan 1 cm kunyit bakar.
  20. Sediakan 1 sdt garam.

Rawon yang berupa kuah dengan daging sapi dengan ciri khasnya yaitu kuahnya terbuat dari bahan buah kluwek yang utama ditambah dengan bumbu bumbu lain. Tempat pertama adalah bernama rawon setan. Rumah makan ini menyajikan menu rawon dan lainnya yang sangat legendaris. Rumah makan rawon ini sudah banyak dikunjungi berbagai tokoh - tokoh terkenal di Indonesia.

Langkah-langkah menyiapkan Rawon jatim:

  1. Marinasi daging sapi lalu rebus dengan air sampai mendidih dan daging lunak. Kemudian siapkan bahan lainnya.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan bahan lainnya dan aduk hingga rata dan harum.
  3. Kemudian masukkan daging dan air kaldu dari rebusan tadi.. aduk² hingga rata dan masukkan air kluwak hingga 2 sampai 3 kali saring. Bisa langsung ditambahkan taoge atau taoge dipisah, sesuai selera. Tunggu hingga mendidih.. lalu masukkan kaldu bubuk, dan tes rasa....
  4. Rawon daging siap dihidangkan.. rasa dijamin enak..🤤🤤🤤 selamat menikmati dengan nasi hangat 🤩🤩.

Hal ini bisa dibuktikan ketika anda masuk ke dalam anda akan melihat berbagai bingkai foto yang berisikan. Rawon merupakan salah satu kuliner khas dari Jawa Timur yang banyak digemari. Rawon pada dasarnya termasuk sup daging, namun yang membedakan adalah kuahnya yang berwarna hitam gelap yang berasal dari kluwek. Dagingnya yang lembut berasal dari daging sandung lamur sapi yang sedikit berlemak dan enak. Dipadu dengan tauge pendek, daun bawang dan bawang goreng, serta disajikan dengan nasi putih.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat rawon jatim yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!