Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Rawon Sapi Khas Surabaya yang Lezat

Rawon Sapi Khas Surabaya. Rawon Sapi khas Surabaya enak dan kental. Suami saya berasal dari jawa timur, sangat suka sekali dengan namanya rawon. Setiap masak rawon, pasti langsung lahap makannya.

Rawon Sapi Khas Surabaya Seporsi rawon daging sapi akan sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat dengan tambahan lauk telur asin. Makanan ini juga sering dijadikan menu andalan dalam acara-acara besar maupun kecil di daerah tempat makanan ini berasal, yaitu Jawa Timur. Nah, dengan belajar cara membuat menu ini, kamu sama saja melestarikan.

Anda sedang mencari inspirasi resep rawon sapi khas surabaya yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal rawon sapi khas surabaya yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Rawon Sapi khas Surabaya enak dan kental. Suami saya berasal dari jawa timur, sangat suka sekali dengan namanya rawon. Setiap masak rawon, pasti langsung lahap makannya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rawon sapi khas surabaya, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan rawon sapi khas surabaya enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah rawon sapi khas surabaya yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Rawon Sapi Khas Surabaya menggunakan 19 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Rawon Sapi Khas Surabaya:

  1. Ambil daging sapi.
  2. Siapkan Air.
  3. Siapkan Bumbu:.
  4. Sediakan bawang putih.
  5. Gunakan bawang merah.
  6. Gunakan kluwek (pecahkan dan rendam di air panas isinya).
  7. Gunakan jahe.
  8. Siapkan lengkuas.
  9. Sediakan kunyit.
  10. Sediakan miri.
  11. Ambil ketumbar.
  12. Sediakan merica.
  13. Gunakan sereh.
  14. Ambil daun salam.
  15. Sediakan daun jeruk.
  16. Sediakan Gula dan garam.
  17. Ambil Bumbu pelengkap:.
  18. Ambil daun bawang (diiris).
  19. Ambil Berambang goreng untuk taburan.

Resep Rawon Daging Sapi Khas Surabaya. Source : Mbak Muntik Akhirnya. dapat resep cara membuat rawon yang memang bener-bener 'mantul' mantap betul 😀 Rawon adalah salah satu masakan kebanggaan warga Jawa Timur. Rawon ini pada dasarnya adalah sup daging sapi, tapi yang membuatnya khas adalah. Demikian Resep Rawon Asli Khas Surabaya Jawa Timur, jika sudah selesai tinggal kita sajikan di atas mangkuk bersama nasi putih dan pelengkap lainnya.

Cara menyiapkan Rawon Sapi Khas Surabaya:

  1. Didihkan air, rebus daging sampai empuk, jangan buang air kaldunnya. Karena nanti untuk kuah rawon..
  2. Setelah daging matang, bisa di iris kecil2 sesuai selera.
  3. Haluskan semua bumbu, kecuali daun salam, daun jeruk dan serei. (Saya menggunakan blender biar lebih cepat, bisa ditambahkan sedkit air dan minyak)..
  4. Gongso bumbu yg telah dihaliskan dan masukkan daun salam, daun jeruk dan serei sampai harum..
  5. Tambahkan air kaldu, bisa ditambahkan air biasa juga. Masukkan daging yg sudah diiris.tambahkan gula dan garam secukupnya, dan koreksi rasa..
  6. Masak hingga bumbu meresap ke dagingnya, matikan apinya, tambahkan irisan daun bawang dan taburkan berambang goreng, siap disajikan.

Mitos atau anggapan bahwa cara masak rawon itu susah dan sulit itu tidaklah benar bukan? Cara membuat rawon ini tidak beda jauh dengan masakan resep daging sapi lainnya. Lihat juga resep Rawon Sapi Khas Surabaya enak lainnya. Rawon nguling, merupakan resep rawon yang terkenal dan berasal dari perbatasan Pasuruan dan Probolinggo. Di Warung Rawon Nguling ini ada beberapa pilihan isian, ada rawon, rawon iga, bahkan ada.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat rawon sapi khas surabaya yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!