Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kimchi (Bahan Lokal) Anti Gagal

Kimchi (Bahan Lokal). Pernah beberapa kali makan kimchi di restoran Korea, harganya lumayan ya. Maka saya mencoba membuat sendiri kimchi dengan bahan-bahan lokal agar lebih ekonomis. Buat bunda-bunda yang suka kimchi, silahkan dicoba ya.

Kimchi (Bahan Lokal) Cara membuat kimchi dengan bahan-bahan lokal. Berikut ini kita akan belajar cara membuat kimchi jenis Bae-chu Geot-jo-ri. Ini adalah jenis kimchi segar yang bisa langsung dikonsumsi walaupun tanpa proses fermentasi.

Sedang mencari inspirasi resep kimchi (bahan lokal) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal kimchi (bahan lokal) yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kimchi (bahan lokal), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan kimchi (bahan lokal) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Pernah beberapa kali makan kimchi di restoran Korea, harganya lumayan ya. Maka saya mencoba membuat sendiri kimchi dengan bahan-bahan lokal agar lebih ekonomis. Buat bunda-bunda yang suka kimchi, silahkan dicoba ya.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kimchi (bahan lokal) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Kimchi (Bahan Lokal) memakai 14 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Kimchi (Bahan Lokal):

  1. Gunakan 1 Buah Sawi Putih (Tanggung), Potong jadi 4 bagian.
  2. Gunakan 1 Buah Wortel, Serut.
  3. Gunakan 2 Batang Daun Bawang, potong.
  4. Gunakan 3 Sdm Tepung Beras.
  5. Gunakan 2 Bungkus Bon Cabe (Saya Pakai Level 11).
  6. Sediakan 2 Sdm Kecap Ikan.
  7. Sediakan 2 Sdm Kecap Asin (Opsional).
  8. Gunakan Secukupnya Gula.
  9. Gunakan Secukupnya Garam.
  10. Gunakan 300 ml Air untuk merebus tepung beras.
  11. Sediakan Bumbu Halus.
  12. Gunakan 3 Siung Bawang Putih.
  13. Gunakan 1 Buah Bawang Bombai.
  14. Sediakan 2 cm Jahe.

Tetapi bisa juga disimpan di dalam lemari es atau wadah tertutup semalaman agar lebih asam. Nggak cuma dibayangin aja lho, kalian juga bisa kok buat resep kimchi dengan bahan lokal. Berikut ini mimin kasih tutorial lengkap cara membuat kimchi! Kimchi adalah salah satu makanan pendamping yang wajib ada dalam hidangan makanan Korea.

Langkah-langkah membuat Kimchi (Bahan Lokal):

  1. Cuci bersih sawi putih dengan air mengalir, tiriskan. Lumuri sawi dengan garam secara merata. Diamkan 2 Jam sampai agak layu. Balik bagian sawi dan diamkan 1 jam lagi..
  2. Setelah 3 jam, cuci sawi hingga benar-benar bersih. Tiriskan..
  3. Haluskan semua bumbu halus..
  4. Rebus tepung beras sampai mendidih dan kental seperti bubur. Dinginkan..
  5. Tambahkan kecap ikan dan kecap asin pada adonan bubur yang telah dingin..
  6. Masukkan adonan bubur yang telah dicampur, bon cabe, dan gula pada serutan wortel dan daun bawang. Campur jadi satu.
  7. Potong lagi sawi putih (tidak di potong juga tak apa). Campurkan dengan adonan yang tadi. Aduk perlahan sampai tercampur rata..
  8. Masukkan ke dalam toples (kaca maupun plastik), tutup rapat dan diamkan selama 6 jam dalam suhu ruang. Sebenarnya kimchi sudah bisa dimakan setelah tahap ini, ini dinamakan fresh kimchi..
  9. Jika sudah keluar air, artinya fermentasi berhasil. Simpan dalam lemari es jika ingin menghambat fermentasi..
  10. Semakin lama fermentasi, maka semakin asam rasa kimchi..

Kimchi dibuat dari sayur-sayuran yang difermentasi dengan bubuk cabai. Artikel terkait: Cara mudah membuat tteokbokki khas Korea dengan bahan lokal Indonesia. Di Indonesia sendiri, kimchi sudah banyak ditemukan di restoran yang khusus menjual masakan Korea. Kimchi instan juga sudah tersedia di beberapa toko. Namun, kebanyakan produk kimchi yang beredar adalah impor sehingga harganya pun cukup mahal untuk sekali makan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Kimchi (Bahan Lokal) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!