Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Rawon daging sapi dan tahu Anti Gagal

Rawon daging sapi dan tahu. Lihat juga resep Rawon daging sapi dan tahu enak lainnya. Bumbu khas nya malah nggak ada.tapi akhirnya saya buka di lemari bumbu saya ternyata ada bumbu rawon indofood memang kalo menjelang. Rawon Manisa-Tahu (non Daging) Enak juga lho rawon.

Rawon daging sapi dan tahu Ingin membuat masakan yang gurih dan berkuah segar, coba saja resep rawon daging sapi khas Jawa Timur ini. Potongan lembut daging sapinya serta aroma dan warna hitam khas dari kluwek, menjadikan masakan ini sungguh enak, gurih dan lezat untuk dinikmati disaat sarapan, makan siang ataupun makan malam. Untuk sajian rawon yang komplit, sajikan rawon bersama nasi dilengkapi dengan tauge kecil, telur asin, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

Sedang mencari inspirasi resep rawon daging sapi dan tahu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal rawon daging sapi dan tahu yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rawon daging sapi dan tahu, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan rawon daging sapi dan tahu yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Rawon daging sapi dan tahu enak lainnya. Bumbu khas nya malah nggak ada.tapi akhirnya saya buka di lemari bumbu saya ternyata ada bumbu rawon indofood memang kalo menjelang. Rawon Manisa-Tahu (non Daging) Enak juga lho rawon.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah rawon daging sapi dan tahu yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Rawon daging sapi dan tahu menggunakan 18 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Rawon daging sapi dan tahu:

  1. Sediakan 500 gr Daging Sapi, potong kotak.
  2. Ambil 1/2 sdt baking soda untuk membaluri daging.
  3. Ambil 2 lembar daun salam.
  4. Siapkan 3 lembar daun jeruk.
  5. Ambil 1 batang sereh,simpulkan,geprek.
  6. Siapkan 3 cm Lengkuas,geprek.
  7. Siapkan 3 sdt garam.
  8. Siapkan 1 sdm kaldu jamur.
  9. Siapkan 1 sdm gula merah,sisir.
  10. Ambil 2 sdm minyak untuk menumis.
  11. Siapkan 1 liter air.
  12. Ambil Bumbu halus.
  13. Siapkan 10 siung bawang merah.
  14. Sediakan 5 siung bawang putih.
  15. Siapkan 2-3 buah kluwek,pecahkan,ambil isinya.
  16. Sediakan 1 sdm ketumbar.
  17. Siapkan 1 sdt lada.
  18. Ambil 1 sdt kunyit bubuk / 3 cm kunyit,kupas.

Jika berburu rawon di luaran, warung rawon yang cukup populer diantaranya adalah Rawon Nguling di Pasuruan, dan Rawon Setan di jalan Embong Malang, Surabaya. Rawon daging sapi memang paling umum dan terkenal lezat. Tapi, sebenarnya ada bagian lain dari sapi yang tidak kalah nikmat untuk menjadi bahan utama rawon, yaitu iga. Apabila Anda ingin mungkin merasa bosan dengan cita rasa rawon daging sapi, Anda bisa mencoba versi rawon iga sapi berikut ini.

Langkah-langkah membuat Rawon daging sapi dan tahu:

  1. Baluri daging dengan baking soda minimal sejam sebelum diolah. Lalu cuci dan potong2. Takarannya 1sdt baking soda untuk 1kg daging. Siapkan bahan2nya,karena dagingnya tidak ada 500gr,maka saya tambah dgn tahu. Ini opsional saja yaa... Haluskan bumbu halus, saran saya lebih baik diblender yaaa...
  2. Tumis bumbu halus sampai harum. Lalu boleh masukkan daging. Sementara itu rebus air dalam panci bersama sereh,lengkuas, daun salam,dan daun jeruk. Setelah daging berubah warna,boleh dimasukkan dalam panci berisi air. Saya merebusnya dicemplungin 2 buah sendok supaya dagingnya cepat empuk. Hehe..
  3. Setelah itu,tutup panci dan masak dengan api sedang-kecil kira2 45-50 menit..
  4. Rawon siap dihidangkan. Sajikan bersama kecambah dan taburan bawang goreng. Boleh ditambah perasan jeruk bila suka. Selamat memasak :).

Dijamin, rasanya akan terasa berbeda dan memiliki khas tersendiri. Isian dari rawon ini adalah potongan daging sapi yang dipadu dengan tauge, kemangi, taburan daun bawang serta bawang goreng. Rawon paling sedap dinikmati saat masih panas bersama dengan nasi putih, sambal, kerupuk udang, dan irisan telur asin. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Tuang rawon kedalam mangkuk, taburkan tauge pendek di atasnya. Sajikan bersama nasi hangat, telur asin dan sambal terasi.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan rawon daging sapi dan tahu yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!