Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Rawon Cingur yang Lezat Sekali

Rawon Cingur. Rawon Cingur Ini resep dari mama. Nyimpen resep dsni, biar nanti bsa bkin sendiri, insyaallah. Husna 🐾 Kertak Hanyar, Kalimantan Selatan.

Rawon Cingur Rawon setan (devil's rawon), a variation served late at night. Course: Main course: Place of origin: Indonesia: Region or state: Surabaya and Malang, East Java: Serving temperature: Hot: Main ingredients: Meat, keluak nut: Cookbook: Rawon Media: Rawon; Rawon is an Indonesian beef soup. Originating from Surabaya, East Java, rawon utilizes the black keluak nut as the main seasoning, which gives.

Sedang mencari inspirasi resep rawon cingur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal rawon cingur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rawon cingur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan rawon cingur yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Rawon Cingur Ini resep dari mama. Nyimpen resep dsni, biar nanti bsa bkin sendiri, insyaallah. Husna 🐾 Kertak Hanyar, Kalimantan Selatan.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah rawon cingur yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Rawon Cingur menggunakan 20 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Rawon Cingur:

  1. Siapkan Cingur.
  2. Siapkan Keluwak.
  3. Sediakan Bawang Prey.
  4. Ambil ±1,5 ltr Air.
  5. Ambil Minyak.
  6. Siapkan Bawang Putih.
  7. Siapkan Bawang Merah (besar).
  8. Siapkan Bumbu Kari Bubuk.
  9. Sediakan Bawang Bombay.
  10. Sediakan Daun Bawang.
  11. Ambil Bawang Prey.
  12. Siapkan Daun Jeruk dan Daun Salam.
  13. Siapkan Penyedap Rasa.
  14. Gunakan Garam dan Gula.
  15. Sediakan Bawang Merah Goreng.
  16. Sediakan Bawang Putih Goreng.
  17. Siapkan Bahan Pelengkap.
  18. Siapkan Kecambah.
  19. Ambil Jeruk Nipis.
  20. Ambil Cabe.

Handcrafted delights that instantly brighten up your day. Whether its chocolate, vanilla or cinnamon, we use the finest ingredients to produce these mouth. Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (daerah Arekan), dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta).

Langkah-langkah membuat Rawon Cingur:

  1. Potong² cingur dan bersihkan lalu presto ±20 menit..
  2. Hancurkan kulit keluwak dan ambil isinya. Juga potong² daun bawang dan bawang prey..
  3. Sambil menunggu presto. Blender keluwak, bawang merah, bawang putih, dan bumbu karih dg air secukupnya sampai halus..
  4. Masukkan ke wajan masak sampai agak kering lalu tambahkan minyak..
  5. Masak lagi sampai kering dan berbau wangi. Matikan kompor..
  6. Setelah cingur di presto, buang airnya. Tambahkan air yang baru 1,5ltr, bumbu yang telah dimasak tadi, daun jeruk dan daun salam. Rebus sampai mendidih. (Punyaku lupa masukkin daun jeruk sm daun salamnya, jdnya belakangan dimsukinnya, jdnya gaada di foto).
  7. Setelah mendidih, tambahkan penyedap rasa, garam, gula sambil dikoreksi rasa. Tambahkan bawang bombay, bawang prey, daun bawang, daun sop, bawang putih goreng dan bawang merah goreng. Matikan kompor..
  8. Rawon cingur siap dihidangkan dengan pelengkap dan nasi hangat..

Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, utamanya adalah bagian sandung lamur. Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Arekan Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, kerahi (krai, yaitu sejenis. Resep cara membuat rawon daging sapi spesial, merupakan makanan populer asal Jawa Timur.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat rawon cingur yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!