Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Membuat Onde - Onde Pelangi yang Sempurna

Onde - Onde Pelangi. Aku dan keluarga favorit banget sama kacang ijo, apapun olahanya, selama halal ya doyan 😋 Ini first trial ku bebikin onde mande, eh maksudnya onde-onde 😂. Saya sebenernya takut bikin kue basah, takut gak jadi hihihihi🙊. Sering baca resep kue basah dan berkesimpulan kalo kue basah itu ribet dan susah.

Onde - Onde Pelangi Ini adalah jajanan tradisional rakyat Indonesia. Latar Belakang Keberadaan onde - onde pelangi sebagai salah satu makanan dengan rasa yang lezat, higienis, dan aman. Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan onde - onde pelangi sendiri di.

Lagi mencari inspirasi resep onde - onde pelangi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal onde - onde pelangi yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari onde - onde pelangi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan onde - onde pelangi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Aku dan keluarga favorit banget sama kacang ijo, apapun olahanya, selama halal ya doyan 😋 Ini first trial ku bebikin onde mande, eh maksudnya onde-onde 😂. Saya sebenernya takut bikin kue basah, takut gak jadi hihihihi🙊. Sering baca resep kue basah dan berkesimpulan kalo kue basah itu ribet dan susah.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah onde - onde pelangi yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Onde - Onde Pelangi memakai 15 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Onde - Onde Pelangi:

  1. Sediakan 🌺Bahan Kulit:.
  2. Sediakan 200 gr tepung ketan putih.
  3. Siapkan 50 gr tepung tapioka(bisa di ganti kentang kukus di haluskan).
  4. Gunakan 5 sdm gula castor(bisa di ganti gula pasit biasa).
  5. Siapkan 1/4 sdt garam.
  6. Gunakan 190 ml air hangat.
  7. Gunakan 🌺Bahan isian:.
  8. Gunakan 100 gr kacang hijau kupas, rendam 1-2 jam(saya rendam 1/2 hari).
  9. Sediakan 150 ml santan kental (kara).
  10. Gunakan 1/4 sdt garam.
  11. Sediakan 5 sdm gula pasir.
  12. Sediakan 1 sdm vanilla extrax(bisa pakai 1/2 sdt vanila bubuk).
  13. Sediakan 🌺Bahan taburan.
  14. Gunakan 100 gr wijen.
  15. Sediakan Minyak untuk menggoreng.

Itulah resep onde onde yang bisa dicoba, Baik dengan isian standart kacang hijau yang sudah banyak dijual di pasaran atau isi lainnya. Ada isi coklat, varian pelangi isi keju, dan gula merah yang khas. Untuk membuat kue yang memiliki warna pelangi ini ternyata tidaklah sulit, loh. Sedang mencari inspirasi resep onde-onde pelangi yang unik?

Cara menyiapkan Onde - Onde Pelangi:

  1. Buat isian: Rebus kacang hijau kupas, sampai empuk, tiriskan, blender dengan 50 ml santan sampai halus.
  2. Siapkan wajan teflon masukkan kacang hijau blender tadi beri sisa santan, gula, garam dan vanilla, aduk terus sampai kalis (krn saya pakai santan banyak, di awal agak encer, tp masak terus, nanti lama2 jadi kental).
  3. Bulatkan sekitar 10 - 12 gram. (Saya 10 gr). Sisihkan.
  4. Buat Kulit : campur semua tepung2 an gula juga garam, aduk rata tuang air sedikit demi sedikit hentikan air jika sudah bisa di bentuk, saya bagi adonan menjadi 4 warna hijau, biru, ungu, pink.buat buletan masing2 20 gr. Sisihkan.
  5. Ambil satu pipihkan beri isian, kalo sudah guling2 kan ke wijen.
  6. Nyala kan kompor, masukkan gelindingan onde onde ke dalam minyak yang belum panas,(biar tidak meletus), jika sudah mengapung besarkan apinya(api sedang saja). Goreng sampai matang.
  7. Siap d sajikan. Alhamdulillah anak dan suami suka😍.

Onde-onde merupakan salah satu jajanan tradisional yang memiliki rasa legit. Rasanya makin enak karena memiliki isian kacang hijau. Kali ini, weekend menjadi waktu tepat untuk berkreasi membuat onde-onde. Apalagi onde-onde yang dibuat memiliki keunikan, yaitu berwarna-warni mirip pelangi. Cara membuatnya simpel dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat onde - onde pelangi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!